Belajar SEO | Kuliah Gratis | Belajar Programming | Trik Blogging | Modul Kuliah

Biarkan Uang Anda Bekerja Untuk Anda

Setelah kita mengenal Bahasa Pemrograman Basic pada artikel sebelumnya. Sekarang kita memulai membuat Program Perhitungan Sederhana dengan Bahasa Basic. Untuk itu sebelum memulai, sudah pada punya software quick basicnya belum? kalo belum silahkan download dulu di artikel Pengenalan Bahasa Basic biar ntar nyambung kita belajarnya :D

Ok dech aku anggap dah pada punya semua softwarenya. Kita mulai saja belajar bersama ya!

Sekarang ada soal begini ni:

1. Buatlah Program untuk menghitung keluaran dari E = a * b - c mod d (a = 4, b = 3, c = 2 dan d = 1)

Jawab:

Masih ingatkan dengan hirarki Operator dalam Pemrograman? nach sebelum kita membuat programnya mending kita coba kerjakan manual dulu untuk melatih pemahaman kita dan sekaligus kita belajar berfikir seperti komputer bekerja. Ayo kita coba kerjakan manual dulu!

E = a * b - c mod d artinya a X b - c mod d

E = 4 X 3 - 2 mod 1 --> 12 - 2 mod 1

Nach masih ingat kan definisi dari mod? ituloh sisa hasil bagi, jadi sisa dari 2 dibagi 1 berapa? berapa? NOL? Anda benar!

Jadi nilai E = 12

Nach bener gak nic hasilnya segini? coba kita bikin programnya yuk!

Ingat pemrograman dengan Quick Basic itu menggunakan line identifier jadi harus ditulis ya line numbernya.

Programnya :

Buka Folder QB45 --> QB.exe lalu tunggu hingga muncul tampilah Quick Basic lalu ketikan program dibawah ini

1 CLS
2 REM Program Penghitungan Sederhana
3 PRINT "Masukkan Nilai a, b, c, d"
4 INPUT a, b, c, d
5 E = a * b - c mod d
6 PRINT E
7 END

Setelah itu tekan F5 untuk me-RUNING program tersebut ternyata outputnya adalah benar 12 ya gak? ayo donk yang dah punya Software Quick Basic ngomong!

Ket :

1 - 7 : Line Identifier
CLS : Untuk membersihkan layar ketika program di RUN
REM : Komentar Nama Program (tidak dieksekusi)
PRINT : Untuk mencetak variable ke layar

Nach pertanyaan kemudian muncul, biasanya Dosen itu bukan cuma menyuruh mahasiswa untuk membuat Flowchartnya juga, jadi gimana bikinnya?

Karena Kuliah Gratis gak tau gimana caranya membuat Flowchart di Blogspot, jadi Kuliah Gratis membuat modul postingan ini dalam format Word lengkap dengan Flowchart, Programnya di Quick Basic (QB) dan Hasil Runningnya. Bagi yang serius belajar bersama Kuliah Gratis disarankan untuk mendownloadnya karena seorang programmer dituntut untuk bisa membaca dan menerjemahkan Flowchart kedalam sebuah Program. Silahkan bagi yang ingin mendownload modul Program Perhitungan Sederhana (klik aja)

Terima kasih sudah belajar bersama Kuliah Gratis dan sekarang aku mau Optimasi Alnect Computer dulu ya diblog sebelah :D

Bila Ada Kesulitan atau ada pertanyaan terhadap Materi dari Kuliah Gratis silahkan Hubungi saya, Add ID YM saya radenmas_surya . Semoga dapat membantu Artikelnya Ya!

Artikel Terkait:

5 komentar

  1. Andie Gokil Berkata:

    basic.?
    apaan tuh ya,?
    kayak pascal yah.??

    maap bro.
    ga ngerti!!
    UUUOOHHH!!!!

    salam dangdut mamen!!

    Posted on 29 Juni 2009 18.15

     
  2. cepot Berkata:

    bermanfaat!! saya programer yang belajar secara otodidak slama ini cuman memperdalam pascal mohon bantuannya *ga ada modal kuliah*

    Posted on 21 April 2010 00.57

     
  3. Anonim Berkata:

    LAm kenal dan damai, bozz !Baru mo belajar nih, ma'af orang bodoh.
    Mo tanya dikit. Kl Mod itu sisa hasil bagi, 2 mod 1 = 0. Trus kl 6 mod 2 = ? ( kl jwbnya 3, salah ya ? ) atau 7 mod 3 = ? ( 1, bener ga ? )
    Trim'z banget atas jawabannya, blog ini bermanfa'at sekali terutama buat orang kere ky saya, he he. Long live n' good luck !!

    Posted on 28 April 2010 19.20

     
  4. seneng bangeet bisa belajar di kul gratis,,, gak perlu repot2 beli buku deech

    Posted on 11 September 2011 10.42

     
  5. azhari's blog Berkata:

    kok kadang ada tulisan redo from start

    thanks....

    Posted on 30 April 2012 11.11

     

Form Komentar

Tinggalkan Komentar sebagai Wujud Apreasiasi Anda!
Dilarang NYAMPAH disini!

Maafkan Jika Kuliah Gratis tidak membalas Komentar!

Statistika



Gabung Menjadi Sahabat Kuliah Gratis

Copy Paste Code dibawah ini:



CopyRight

Jangan ragu untuk mengcopy atau mengambil Artikel dari Blog Kuliah Gratis, Asal tau aturan tidak ada yang melarang karena Ilmu adalah COPYRIGHT ALLAH

Banner Sahabat

Mau Tukeran Banner Juga? Klik Buku Tamu Aja!