Belajar SEO | Kuliah Gratis | Belajar Programming | Trik Blogging | Modul Kuliah

Biarkan Uang Anda Bekerja Untuk Anda

Setelah postingan sebelumnya kita berkenalan dengan Pemrograman Quick Basic dan Membuat Program Perhitungan Sederhana dengan Software Quick Basic tersebut, Nach sekarang Kuliah Gratis mau bermain-main nich dengan String.

Apa itu String? String ada type data yang berbentuk Karakter yang biasanya string dilambangkan dengan tanda dollar ($) dan isi dari string diapit oleh tanda double qoute ( a$ = "Kuliah Gratis" ). Nach ini berarti string a (a$) mempunyai niali/isi Kuliah Gratis.

Lalu maksud dari Bermain dengan String itu gimana? masa karakter mau dimainin! Ada-ada Kuliah Gratis ini. *ngelus dada* Sabar teman, maksudnya adalah kita membuat program untuk memanipulasi nilai dari suatu string, sebelum melakukannya pahami dulu yuk Opterator/Fungsi yang dipakai dalam String

1. Operator Plus (+) : Menggabungkan dua buah/lebih string
syntax : c$ = a$ + b$
2. LEFT$, RIGHT$,MID$ : Memotong string berdasarkan letaknya
syntax : b$ = LEFT$(a$,n)
b$ = RIGHT$(a$,n)
b$ = MID$(a$,m,n)

n = jumlah/banyaknya karakter string yang dipotong
m = letak karakter awal string yang akan dipotong (dinyatakan dengan angka)
3. LCASE$, UCASE$ : untuk mengubah karakter string menjadi Lower/Upper Case
syntax: b$ = UCASE$(a$)
Dan lain-lain yang kepanjangan kalau disebutkan disini satu persatu, mending Download aja dech Modul Bermain dengan String yang sudah aku buat. Nach sekarang bermain dengan string yuk!

Buka Program Quick Basicnya dulu ya, QB45 (nama folder QB) --> QB.exe

Misalkan:

a$ = "Kuliah"
b$ = "Informatika"
c$ = "Gratis"

e$ = UCASE$(a$) --> outpunya adalah KULIAH (dalam uppercase/huruf besar)
f$ = LCASE$(b$) --> outputnya adalah informatika (dalam lowercase/huruf kecil)
g$ = a$ + b$ + c$ --> outputnya adalah KuliahInformatikaGratis
h$ = a$ + " " + b$ + " " + c$ --> Outpunya Kuliah Informatika Gratis

dan seterusnya

Nach untuk Programnya silahkan download beserta tambahan fungsi string yang belum Kuliah Gratis tuliskan disini.

Maaf bukannya Kuliah Gratis malas, tapi karena Kuliah Gratis juga kerja jadi harus menyelesaikan pekerjaan juga, jadi maafkan ya!

Selamat mencoba dan silahkan kembang sendiri dengan daya kreatif Anda!

Bila Ada Kesulitan atau ada pertanyaan terhadap Materi dari Kuliah Gratis silahkan Hubungi saya, Add ID YM saya radenmas_surya . Semoga dapat membantu Artikelnya Ya!

Artikel Terkait:

5 komentar

  1. Kharianto Berkata:

    Aduh pusing mas, tp pengen bisa nih...

    Posted on 1 Juli 2009 09.48

     
  2. Kahono Berkata:

    Asyik kayaknya.. tapi bahasanya bikin mumet
    Perlu dicoba di waktu senggang..Salam kenal bro salam sahabat.. mapir ke t4 ku ya.. thx

    Posted on 1 Juli 2009 15.55

     
  3. suwung Berkata:

    duh kalo baca yang kayak gini gapteku langsung kumat

    Posted on 2 Juli 2009 08.41

     
  4. Kuliah Gratis Berkata:

    @ Kharianto: Baguslah kalo masih ada keinginan untuk bisa

    @ Kahono: Iya aku dach mammpir kan semalem

    @ Suwung: Walah suwung mumet....berarti Ngelmu Suwungnya belum masuk tu

    Posted on 2 Juli 2009 09.43

     
  5. suwung Berkata:

    ampu kalo dah kode kode gini nyerah deh
    gaptek soalnya

    Posted on 8 Juli 2009 18.56

     

Form Komentar

Tinggalkan Komentar sebagai Wujud Apreasiasi Anda!
Dilarang NYAMPAH disini!

Maafkan Jika Kuliah Gratis tidak membalas Komentar!

Statistika



Gabung Menjadi Sahabat Kuliah Gratis

Copy Paste Code dibawah ini:



CopyRight

Jangan ragu untuk mengcopy atau mengambil Artikel dari Blog Kuliah Gratis, Asal tau aturan tidak ada yang melarang karena Ilmu adalah COPYRIGHT ALLAH

Banner Sahabat

Mau Tukeran Banner Juga? Klik Buku Tamu Aja!