Belajar SEO | Kuliah Gratis | Belajar Programming | Trik Blogging | Modul Kuliah

Biarkan Uang Anda Bekerja Untuk Anda

Framework? Opo neh iku? Oalah Mas Surya tambah aneh ae dolanane ! *Jarene Mas Eros mesti ngono !* Sabar mas Eros "Ganteng" Rosadi, jangan buru-buru ngecap aku dolanan seng aneh-aneh, iki mung framework kok, ga bedo koyo Joomla *padahal jauh banget :P*

Oke, sobat semua sebelum kita pusing dan tambah rontok tu rambut, mari kita coba perkenalan dulu apa itu Framework, Fungsi Framework,dan Macam-macam Framework.

1. Pengertian Framework
Framework => adalah kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman seperti koneksi ke database, pemanggilan variabel, file,dll sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangun aplikasi.
2. Fungsi Framework
Seperti yang sudah disinggung pada pengertian diatas, fungsi utama dari Framework adalah membantu kerja developer dalam membangun aplikasi. Perhatikan ilustrasi berikut:

Mas Eros adalah ingin membangun rumahnya sendiri, dia ingin membuat rumah yang sederhana, unik, minimalis dan nyaman untuk ditempati bareng Nyonya Eros (dibaca: Olip Pro Ikan :P). Karena Mas Eros seorang designer rumah yang handal Mas Eros mendesign dan membangun sendiri rumahnya hingga menjadi rumah yang indah nan sejuk * mantab Mas Eros :-bd*. Setelah sukses membangun rumahnya sendiri, banyak perusahaan yang menginginkan sentuhan tangan Mas Eros dalam bangunan mereka terutama Design Futuristiknya.

Karena waktu kuliah dulu Mas Eros selalu bolos pas Makul Management Proyek, Mas Eros hanya bisa mendesign Bangunan Bertingkat Lantai 100, Design yang sudah disetujui pun dikerjakan namun setelah jadi bangunan lantai 100 itu malah mirip menara Pizza namun dengan bentuk yang amat kacau disana sini karena Mas Eros tidak tau bagaimana cara memanage proyek yang besar dimana yang terlibat dalam Proyek itu beratus-ratus orang dan ribuan peralatan, material seta berbagai barang penunjang.

Nah disinilah gunanya Framework ! Framework mampu melakukan sincronisasi kerja para programmer (dalam team) dalam membangun aplikasi yang sangat besar sekalipun *fungsi management proyek* karena semua programmer yang membangun aplikasi tersebut bekerja dengan satu aturan/bingkai yaitu Framework.
3. Macam-Macam Framework
Macam-Macam Framework yang dibahas disini adalah Framework untuk bahasa PHP. Framework untuk bahasa lain seperti ROR (Ruby on Rails) => untuk bahasa Ruby, JQuery => Javascript, dll tidak dibahas disini.

Untuk mengetahui macam-macam Framework PHP dan Requirment Server yang dibutuhkan silahkan baca disini. Sebenarnya ada yang kurang dari list yang ada di website tersebut yaitu Kohana PHP.
Oke sobat segitu dulu deh pengenalan Framework, jujur aku sendiri sedang kesulitan belajar Framework CodeIgniter yang katanya mudah, cepat dan simple itu.


Bila Ada Kesulitan atau ada pertanyaan terhadap Materi dari Kuliah Gratis silahkan Hubungi saya, Add ID YM saya radenmas_surya . Semoga dapat membantu Artikelnya Ya!

Artikel Terkait:

5 komentar

  1. torik Berkata:

    weleh mas... makin jauh nie ketinggala materi kulaiahnnya...

    Posted on 22 Oktober 2009 13.40

     
  2. ooo ini tho nama e framework soal namae mirip-mirip sama situs camfrog hehehe. jadi gak bisa dipelajari sendiri ya kang. mesti dipelajari dan dikerjakan bersama. sukses ya mas kalao dah jadi senior programer jangan lupain temen e kih.

    Posted on 22 Oktober 2009 13.41

     
  3. AISHALIFE-LINE Berkata:

    baru nongol,apa saya yang nggak lihat ya?

    Posted on 22 Oktober 2009 23.14

     
  4. Anonim Berkata:

    mas kalu membuat sistem aplikasi sensor..
    dan diminta menerapkan framework untuk membangun nya..
    baiknya menggunakan framework jenis apa ya mas ?
    terima kasih sebelumnya..

    Posted on 26 Mei 2010 23.11

     
  5. Yvadha Berkata:

    Thx gan infonya... :)

    Posted on 24 Desember 2014 09.41

     

Form Komentar

Tinggalkan Komentar sebagai Wujud Apreasiasi Anda!
Dilarang NYAMPAH disini!

Maafkan Jika Kuliah Gratis tidak membalas Komentar!

Comment

Top Komentator

Widget by ateonsoft.com

Statistika



Gabung Menjadi Sahabat Kuliah Gratis

Copy Paste Code dibawah ini:



CopyRight

Jangan ragu untuk mengcopy atau mengambil Artikel dari Blog Kuliah Gratis, Asal tau aturan tidak ada yang melarang karena Ilmu adalah COPYRIGHT ALLAH

Banner Sahabat

Mau Tukeran Banner Juga? Klik Buku Tamu Aja!