Belajar SEO | Kuliah Gratis | Belajar Programming | Trik Blogging | Modul Kuliah

Biarkan Uang Anda Bekerja Untuk Anda

SEO, siapa yang gak kenal dengan kata SEO? Aku yakin kalo kita semua kenal kata tersebut. Kata yang paling banyak dicari oleh para Blogger agar blognya semakin ramai dan banyak dikunjungi. Lalu sebenarnya seperti apa cara kerja atau langkah SEO yang bisa mendongkrak trafict sekaligus rating? Mari kita bahas bersama karena saya bukan master disini, jadi kalo salah mohon para master diingatkan ya!

Sebenarnya SEO secara naluriah sudah kita miliki selaku blogger, namun pastinya itu sangatlah minim dan terfokus pada Blogwalking dan Komentar saja. (*ngaku gak ya???) Tapi ternyata SEO itu sangatlah luas seluas dunia maya ini yang tak bisa diukur. Ilmu SEO pun terus berkembang mulai dari yang Resmi/Aman maupun yang Black Hat/Beresiko. Tapi saya tidak akan membahas SEO Black Hat disini hanya ingin membahas tentang SEO Resmi yang aman dan tidak berbahaya bagi kelangsungan Blog.

Ok, Sekarang kita mulai membahas langkah demi langkah SEO yang saat ini baru 9 Langkah SEO Dasar (*berarti masih banyak langkah lanjutannya). Saya anggap teman-teman yang mampir sudah punya Blog jadi tidak membahas pemilihan Domain yang baik.

1. Title Blog mengandung Keyword yang dituju
Bila kita hendak melakukan Optimasi terhadap sebuah keyword semisal Rusli Zainal Sang Visioner (*numpang backlink dulu ach) maka buatlah title blog dengan mengandung kata-kata tersebut semisal Kuliah Gratis | Rusli Zainal Sang Visioner
2. Meta Description merupakan penjelasan dari Title
Namanya juga menjelaskan pastinya dengan mengikutkan keyword yang dituju semisal Hubungan Kuliah Gratis dengan Rusli Zainal Sang Visioner. Perlu dihindari mengisi Meta Description dengan kata keyword semisal Rusli, Zainal, Rusli Zainal, Sang Visioner, Rusli Zainal Sang Visioner karena itu bisa membuat Mbah Google bingung.
3. Meta Keyword yang bervariasi
Nach kalo tadi dilarang memakai kata-kata yang nembak keyword dimeta Keyword justru harus ditembak keyword yang dituju dengan memvariasikan kata-kata keyword tapi jangan terjadi pengulangan keyword disini karena itu bisa dianggap Spamming oleh Mbah Google.
Nach 3 langkah diatas dilakukan sebelum kita memulai posting dengan keyword tertentu, jadi bisa dianggap tahap persiapan lah. Ketiga Langkah SEO Dasar itu bisa dibilang sebagai pondasi dari Optimasi Posting yang kita lakukan jadi harus dipersiapkan dengan matang.

Nach langkah selanjutnya kita akan melakukan Optimasi pada Postingan. Mari kita lanjutkan 9 Langkah SEO Dasarnya.

4. Judul Posting Mengandung Keyword yang dituju
Semua blogger pasti juga sudah tau ini, kalo mau nembak keyword Rusli Zainal Sang Visioner setidaknya harus mempunyai Posting yang mengandung keyword tersebut. Seperti sudah tau semua jadi lanjut ke Langkah SEO Dasar selanjutnya aja ya?
5. Optimasi Keyword diparagraf awal Postingan
Biasanya sich kita kadang suka tidak memperhatikan peletakkan keyword yang kita tuju. Maklumlah karena mungkin postingnya terburu-buru atau berbagai macam alasan lainnya. Tapi mulai saat ini cobalah membuat posting dengan keyword diletakkan pada kalimat-kalimat awal posting jadi lebih mudah diindex oleh Mbah Google. Semisal begini

Gubernur Riau Bp. Rusli Zainal sekarang sedang dijadikan Keyword Kontes yang bertajuk Rusli Zainal Sang Visioner. seterusnya....
6. Menebalkan Keyword
Kelihatan sepele memang tapi ini sangat membantu sekali bagi Search Engine. Tapi jangan semuanya ditebalkan khususnya keyword pertama saja yang ditebalkan yang lain mungkin miring atau kombinasi dari keduannya.
7. PingBack Artikel
PingBack atau istilah kerenya "Inbound Link" adalah salah satu cara mempopulerkan artikel kepada pengunjung namun disisi lain juga merupakan cara jitu untuk menambah koleksi BackLink Blog kita. Namun perlu dihindari menulis PingBack dengan kata "seperti disini, artikel ini, disini" atau kata-kata lain yang tidak menunjukkan isi dari artikel yang kita Link. Akan lebih presentatif dan efektif bila tulis ".... Seperti tentang kontes Rusli Zainal Sang Visioner yang sedang aku ikuti"
8. Menggunakan Heading H1, H2, dan H3
Sepele memang tapi coba dulu dan rasakan perbedaannya 3 hari setelah memakai heading tersebut. Aku sarankan sich memakainya pada Judul Postingan dengan begitu akan lebih mengoptimalkan judul Postingan kita.

Untuk menentukan ukuran dari Heading tersebut silahkan ubah di CSS template CMS masing-masing, ok!
9. Memperhatikan penulisan Achor Text, dan Title Link
Sepele dan jarang diperhatikan oleh para Blogger, itulah kalimat untuk hal yang satu ini. Tapi dengan memaksimalkan penulisan link itu akan semakin mempertegas dari isi yang ada didalam link tersebut. Ini bukan semata-mata bagi pengunjung tetapi juga bagi Search Engine.
Nach akhirnya 9 Langkah SEO Dasar sudah selesai. Perlu diingat cara ini adalah cara yang resmi dan biasanya efeknya akan terasa setelah 3 hari - 1 minggu setelah posting dengan optimasi 9 Langkah SEO Dasar ini.

Selamat mencoba! Keep Blogging Bro!

Bila Ada Kesulitan atau ada pertanyaan terhadap Materi dari Kuliah Gratis silahkan Hubungi saya, Add ID YM saya radenmas_surya . Semoga dapat membantu Artikelnya Ya!

Artikel Terkait:

17 komentar

  1. AlvienRizki Berkata:

    sip sip infonya...

    Posted on 25 Juni 2009 pukul 13.20

     
  2. buJaNG Berkata:

    Siiip, woke pokoknya... :D

    Posted on 25 Juni 2009 pukul 13.53

     
  3. Seno Berkata:

    Wah, ada kuliah SEO gratis disini he..he..

    Tentang Iran, kenapa Amerika dan barat yang salalu jadi kambing ya? kalo menurut saya sih, tidak ada asap tidak ada api. Memang negara baratlah yang paling punya banyak kepentingan dalam hal ini, tapi itu hanya opini saya aja :)

    Posted on 25 Juni 2009 pukul 14.00

     
  4. galuharya Berkata:

    sungguh-sungguh bermanfaat mas :)

    Posted on 25 Juni 2009 pukul 15.14

     
  5. Kuliah Gratis Berkata:

    @ Alvin: Wach aku malu nich kalo master yang ngomong gitu

    @ Bujang: Jadi malu aku mas

    @ Seno: Semua gratis disini mas

    Posted on 25 Juni 2009 pukul 15.19

     
  6. Pegasus Berkata:

    Wahhhh sip nih postingan... numpang belajar ya mas :D ... siapa tau otakku masih bisa nyangkut.. maklum aja aahh namanya aja orang tua

    yuk tukeran link dulu

    Posted on 26 Juni 2009 pukul 10.09

     
  7. Anonim Berkata:

    mantap... selama ini blum tau yang kayak gini... kirain cuma koleksi backlink ja sudah cukup "buat mbah google".. sekali lagi thx ya...

    Posted on 26 Juni 2009 pukul 11.18

     
  8. Kuliah Gratis Berkata:

    @ Pegasus: Silahkan........disini semua gratis kok

    @ The Penks: Berarti sama dengan pemikiranku dulu

    Posted on 26 Juni 2009 pukul 13.05

     
  9. ganda Berkata:

    sebaiknya atribute title pada anchor lebih baik tidak di gunakan, walau memang dapat meyimpan informasi tambahan, karena nilai dari SE untuk atribute ini amat lah kecil(berlaku juga untuk atribute alt tag image). Selain itu, atribute title ini tidak aksesibel.

    Posted on 26 Juni 2009 pukul 15.20

     
  10. Kuliah Gratis Berkata:

    Walau kecil Pak kalau kita bisa memaksimalkan yang kecil akan lebih baik

    Maksudnya tidak aksesibel gimana Pak???Coz banyak master SEO malah ngajarinnya gitu

    memanfaatkan Achor Text, Title dan Alt

    Posted on 26 Juni 2009 pukul 16.23

     
  11. hmmm, nampaknya saya bisa komplain anchor text link ke blog saya (di blog sampean yang satunya) diganti dengan anchor yang biasa saya pake buat nyampah nih :D

    Posted on 9 Juli 2009 pukul 11.01

     
  12. Kurniawan Berkata:

    Bagus bagus...

    Tapi menurut saya penebalan keyword tidak terlalu berpengaruh

    Posted on 9 Juli 2009 pukul 15.21

     
  13. faza Berkata:

    haha! seperti yg sudah2, mantap surantap
    :)
    tq yach
    c u..

    Posted on 9 Juli 2009 pukul 19.13

     
  14. dion Berkata:

    top markotop
    hahaha

    Posted on 10 Juli 2009 pukul 07.58

     
  15. Ardi's Zone Berkata:

    ok bagt nich.......

    Posted on 24 Juli 2009 pukul 15.38

     
  16. Anuh Berkata:

    Thanks for the info man.
    These are new for me.

    Posted on 25 Juli 2009 pukul 09.32

     
  17. usi2506 Berkata:

    good, tapi sbg newb kayak aq ini: pastinya masih bingung, dan belum nyambung, tapi mudah2an nanti bisa nyambung lah...

    Posted on 15 Juni 2010 pukul 11.09

     

Form Komentar

Tinggalkan Komentar sebagai Wujud Apreasiasi Anda!
Dilarang NYAMPAH disini!

Maafkan Jika Kuliah Gratis tidak membalas Komentar!

Statistika



Gabung Menjadi Sahabat Kuliah Gratis

Copy Paste Code dibawah ini:



CopyRight

Jangan ragu untuk mengcopy atau mengambil Artikel dari Blog Kuliah Gratis, Asal tau aturan tidak ada yang melarang karena Ilmu adalah COPYRIGHT ALLAH

Banner Sahabat

Mau Tukeran Banner Juga? Klik Buku Tamu Aja!