Belajar SEO | Kuliah Gratis | Belajar Programming | Trik Blogging | Modul Kuliah

Biarkan Uang Anda Bekerja Untuk Anda

Setelah sebelumnya kita sudah belajar membuat Program Bilangan Prima dengan Basic, sekarang kita akan mencoba mentranslate Program Bilangan Prima tersebut kedalam bahasa Pascal. Kenapa kok hanya mentranslate/mengalihbahasakan saja? kenapa tidak membuat program baru? Jawabanya: karena dalam Pemrograman apapun bukan program yang menjadi patokan namun Algoritma. Algoritma inilah yang menjadi dasar seorang programmer bekerja dan membuat program. Jadi karena Algoritma Bilangan Prima sudah pernah dibahas di Pemrograman Bilangan Prima dengan Basic maka kita hanya tinggal mengalih bahasakan saja, gitu!

Ok, mari kita mencoba membuat program bilangan prima dengan melirik program bilangan prima yang sudah kita buat sebelumnya dengan bahasa Basic.

FOR a = 1 to 20 <-- batas bilangan prima hanya sampai 20
c = 0 <-- bilangan kunci
FOR b = 1 to a <-- looping untuk pembagi
IF a MOD b = 0 THEN c = c + 1
NEXT b
IF c = 2 THEN PRINT a; "Bilangan Prima"
NEXT a

Nb: Diatas adalah script bilangan prima dengan menggunakan Basic.

Dari script basic diatas, kita rubah kedalam bahasa Pascal menjadi seperti ini:

Uses crt;
Var
a,b,c:integer;

begin
clrscr;
for a:=1 to 20 do
begin
c:=0;
for b:=1 to a do
begin
if a mod b = 0 then c:= c + 1;
end;
if c:= 2 then write (a); writeln (' Bilangan Prima');
end;
readln;
end.

Begitulah kira-kira hasil translat dari bahasa Basic ke Pascal program bilangan prima kita.

Semoga bermanfaat dan Salam Kuliah Gratis

Bila Ada Kesulitan atau ada pertanyaan terhadap Materi dari Kuliah Gratis silahkan Hubungi saya, Add ID YM saya radenmas_surya . Semoga dapat membantu Artikelnya Ya!

Artikel Terkait:

21 komentar

  1. Hebat juga pengetahuannya mengenai pascal.... Jadi pengen belajarjuga nih.. :)

    Posted on 10 Agustus 2009 10.21

     
  2. yudik Berkata:

    waduh...
    bahsa pascal ya??
    ku gak ngerti sama sekali...
    heheh
    :))

    Posted on 10 Agustus 2009 14.26

     
  3. Kuliah Gratis Berkata:

    @ Nurdiana: Gak juga mas, saya baru belajar

    @ Yudik: Moga lain kali ngerti mas

    Posted on 10 Agustus 2009 14.30

     
  4. kucrit Berkata:

    hihihi.. kok nggak mudeng saya mas.. lawong dasar2nya pascal saja saya nggak tahu..

    Posted on 10 Agustus 2009 14.36

     
  5. a-chen Berkata:

    Pertamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...Salam Kenal ^_^

    Posted on 10 Agustus 2009 18.06

     
  6. a-chen Berkata:

    keduaaaaaaaaaaaaaaaaaa...Makasih infonya ^_^

    Posted on 10 Agustus 2009 18.06

     
  7. buwel Berkata:

    Waaaaah, buwel gaptek neh...Tapi bagi yang paham tentunya kerennnnnnnnnnnnnn

    Posted on 10 Agustus 2009 18.07

     
  8. Rusa Bawean™ Berkata:

    waduh
    yg kek ginian aku nyerah deh
    :)

    Posted on 10 Agustus 2009 19.38

     
  9. Zulhaq Berkata:

    bujubusyet...translitin basic ke pascalanya ribet banget yah...

    Posted on 10 Agustus 2009 19.40

     
  10. IwanKus Berkata:

    ikut belajar mas surya...
    meski kepalaku agak tiyung2...
    he...he...

    Posted on 11 Agustus 2009 00.43

     
  11. hill Berkata:

    waduhh...ampun sy tidak mengerti,udh bc berkali2 ttp tdk mengerti,nyerah dehh :D, biasanya ksh artikel yg mudah mas :)

    Posted on 11 Agustus 2009 05.14

     
  12. Kuliah Gratis Berkata:

    @ Kucrit: Gak apa2 mas ini bukan konsumsi blogger mungkin :D

    @ Achen: Sama2 mas

    @ Buwel: Moga ja ada yang paham

    @ Rusabawean: Walah kok ngerah si...gak seru deh

    @ Zulhaq: walah mas zulhaq ini suka melebih2kan

    @ Iwankus: silahkan

    @ Hill: Gak usah minta ampun mas, kebetulan stock ampunku tinggal dikit :D

    Posted on 11 Agustus 2009 08.26

     
  13. Sudino Dinoe Berkata:

    Oh..begitu perhitungannya,sulit juga ya ...nice info,thanks dah berbagi

    Posted on 11 Agustus 2009 09.06

     
  14. Aisha Berkata:

    adoh..puyeng saya bro hehe

    Posted on 11 Agustus 2009 20.53

     
  15. Anonim Berkata:

    ora jalan mas...........

    Posted on 18 Maret 2010 17.15

     
  16. nunuz Berkata:

    tengkyu yah..

    akhirna tugas kuliah w kelar juga..

    Posted on 3 Mei 2010 22.58

     
  17. rahmah Berkata:

    salam kenal...

    Posted on 1 Juli 2010 16.50

     
  18. rahmah Berkata:

    codingx mantafff...
    pengen belajar byk ttg pascal..
    apa dgn pascal kita jg bisa bikin program secantik klu kt pake vb?

    Posted on 1 Juli 2010 16.57

     
  19. Crazy Program Berkata:

    sedikit beda dengan punya saya mas :)

    Posted on 26 Agustus 2012 17.00

     
  20. Crazy Program Berkata:

    thanks sharingnya gan :)

    Posted on 26 Agustus 2012 17.06

     
  21. Dewa DeeGee Berkata:

    Wah, thank you tutorialnya :)

    http://el86.com

    Posted on 19 Mei 2013 12.51

     

Form Komentar

Tinggalkan Komentar sebagai Wujud Apreasiasi Anda!
Dilarang NYAMPAH disini!

Maafkan Jika Kuliah Gratis tidak membalas Komentar!

Comment

Top Komentator

Widget by ateonsoft.com

Arsip Blog

Statistika



Gabung Menjadi Sahabat Kuliah Gratis

Copy Paste Code dibawah ini:



CopyRight

Jangan ragu untuk mengcopy atau mengambil Artikel dari Blog Kuliah Gratis, Asal tau aturan tidak ada yang melarang karena Ilmu adalah COPYRIGHT ALLAH

Banner Sahabat

Mau Tukeran Banner Juga? Klik Buku Tamu Aja!